4 Cara Hemat Nikmati Pesona Alam Labuan Bajo


Keindahan alam Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebut saja Taman Nasional Komodo yang merupakan salah satu New 7 Wonders of Nature di Indonesia.

Belum lagi wisata pantai dengan air lautnya yang begitu jernih, menggoda siapa pun untuk melakukan snorkeling dan diving. Tidak heran kalau banyak orang jadi ingin berlibur ke sana.

Namun, lokasinya yang cukup jauh membuat orang jadi ragu. Merupakan ibu kota dari Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, banyak yang merasa bahwa liburan ke Labuan Bajo membutuhkan biaya mahal. Padahal, tetap bisa liburan hemat ke Labuan Bajo asalkan tahu tips-tips yang tepat untuk diterapkan.



Beberapa orang memang lebih senang melakukan solo traveling daripada beramai-ramai. Namun, jika memang ingin liburan hemat ke Labuan Bajo, lebih baik ajaklah teman atau anggota keluarga Anda. Dengan begitu, Anda bisa membagi biaya penginapan dan sewa kapal sehingga pengeluaran pun dapat ditekan.

Namun, sebaiknya batasi untuk mengajak dua teman atau anggota keluarga saja, jangan terlalu banyak. Pasalnya, semakin banyak anggota rombongan, biasanya akan semakin mengurangi fleksibilitas Anda selama berlibur.

Mengingat popularitas Labuan Bajo yang cukup tinggi sebagai destinasi liburan, saat ini cukup mudah bagi Anda untuk mendapatkan tiket pesawat dengan tujuan tersebut. Namun, biasanya biaya yang dibutuhkan pun relatif lebih banyak. Sebagai solusi liburan hemat ke Labuan Bajo, Anda bisa memilih pesawat dengan rute penerbangan Jakarta-Lombok dulu.

Tidak perlu bingung, berbagai maskapai penerbangan menyediakan perjalanan dengan rute tersebut. Salah satunya adalah Batik Air. Agar lebih mudah, lakukan pemesanan Batik Air melalui Traveloka. Cukup buka aplikasinya di perangkat mobile atau melalui website, Anda bisa memilih jadwal keberangkatan dengan praktis. Begitu sampai di Lombok, Anda bisa melanjutkan perjalanan melalui jalur darat dan laut ke Labuan Bajo.



Salah satu kunci dari liburan hemat ke Labuan Bajo adalah memilih jadwal keberangkatan yang tepat. Hindari waktu-waktu high season karena harga yang dipasang biasanya bisa mencapai dua kali lipat dari harga di hari-hari normal. Waktu high season ini mencakup liburan sekolah, lebaran, dan akhir tahun.

Karena itu, sebaiknya pilih waktu keberangkatan ke Labuan Bajo seminggu setelah libur akhir tahun. Pada low season seperti ini, biasanya banyak maskapai yang menurunkan harga.

Namun, jangan membeli tiket pesawat secara mendadak. Lakukan sejak jauh-jauh hari agar bisa jeli melihat kenaikan dan penurunan harga tiket pesawat. Hal ini sangat mungkin dilakukan jika memesan tiket pesawat melalui Traveloka.

Apabila memesan tiket Batik Air Traveloka untuk ke Labuan Bajo, misalnya, dapat memanfaatkan fitur price alert yang membantu mendapatkan tiket dengan harga sesuai bujet. Tentunya untuk destinasi dan tanggal keberangkatan yang diinginkan.

Pemakaiannya pun sangat mudah, hanya perlu memasukkan batasan harga untuk penerbangan ke Labuan Bajo. Setelah itu, akan mendapat pemberitahuan jika ada tiket pesawat ke Labuan Bajo dengan harga sesuai bujet yang sudah diatur sebelumnya. Pastikan saja sudah mengunduh aplikasi Traveloka pada perangkat mobile.

Liburan ke Labuan Bajo tentu tidak akan lengkap tanpa melakukan island-hopping atau mengelilingi pulau-pulau kecil dengan kapal. Untuk menekan biaya pengeluaran, sebaiknya tidak menggunakan jasa agen yang menawarkan trip sailing karena harga yang ditawarkan biasanya relatif lebih mahal.

Sebagai solusinya, akan lebih baik jika langsung menyewa kapal dari pemiliknya. Datanglah ke Pelabuhan Pelni di Jalan Soekarno-Hatta. Di sini, akan menemukan banyak kapal yang bersandar. Bisa juga langsung melakukan negosiasi harga sewa dengan pemilik kapal.

Liburan hemat ke Labuan Bajo kini bukan lagi impian semata. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, bisa menikmati keindahan Labuan Bajo sambil tetap menghemat pengeluaran. Tentunya tidak lupa memanfaatkan fitur price alert di aplikasi Traveloka. Selamat berlibur di Labuan Bajo.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.