Terungkap , Raja Narkoba Asia yang Paling Diburu

Pemimpin sindikat narkoba Tse Chi Lop yang kini diburu puluhan negara.[Sky News]
Rajanusantara - Tse Chi Lop adalah Buronan paling dicari di dunia karena diyakni menjalankan sindikat Narkoba terbesar di Asia.
Sindikatnya dijuluki penegak hukum sebagai Sam Gor, atau Saudara Nomor Tiga dalam Bahasa Kanton, diambil dari salah satu nama panggilan Tse.
Menurut laporan Reuters, 14 Oktober 2019, warga negara Kanada kelahiran Cina tersebut adalah gembong sindikat kejahatan yang menurut polisi mendominasi perdagangan narkoba Asia-Pasifik senilai US$ 70 miliar atau Rp 983 triliun per tahun.
Tse Chi Lop, 55 tahun, seorang mantan narapidana yang sebelumnya tinggal di Toronto dan telah pindah antara Makau, Hong Kong dan Taiwan dalam beberapa tahun terakhir, menurut petugas kontra-narkotika dari empat negara serta dokumen penegakan hukum. Pihak berwenang belum secara terbuka mengidentifikasi Tse sebagai bos kelompok perdagangan narkoba.
Polisi Federal Australia (AFP), yang telah memimpin dalam penyelidikan yang meluas, telah menyusun daftar anggota sindikat top yang mengidentifikasi Tse sebagai pemimpin senior sindikat Sam Gor. Kelompok itu, kata daftar itu, telah terhubung dengan atau terlibat langsung dalam setidaknya 13 kasus perdagangan narkoba sejak Januari 2015. Daftar tersebut tidak memberikan perincian spesifik dari kasus-kasus tersebut.
Dokumen penegakan hukum Taiwan mengidentifikasi Tse sebagai "CEO Multinasional" dari sindikat Sam Gor. Badan Penegakan Hukum Narkoba AS (DEA) yang beredar di antara lembaga pemerintah daerah tahun ini mengatakan Tse diyakini sebagai pemimpin sindikat itu.
"Saudara Nomor Tiga adalah target nomor satu," kata seorang perwira AFP.
Menurut wawancara dengan penegak hukum regional dari delapan negara, serta peninjauan dokumen penegakan hukum, sindikat tersebut menghasilkan sejumlah besar metamfetamin tingkat tinggi di Myanmar dan memperdagangkan narkoba ke negara-negara yang membentang dari Jepang ke Selandia Baru. Kelompok ini, menurut hitungan konservatif, meraup US$ 8 miliar (Rp 112,3 triliun) setahun dan dapat menghasilkan sebanyak US$ 17,7 miliar (Rp 248,5 triliun) per tahun, menurut perkiraan oleh Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC).
"Tse Chi Lop berada di liga El Chapo atau mungkin Pablo Escobar," kata Jeremy Douglas, perwakilan UNODC untuk Asia Tenggara dan Pasifik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.