Bawang Putih Dapat Sembuhkan Virus Corona, Ahli Vaksin Sebut Hoax!


RajanusantaraDi media sosial viral unggahan yang menyebut air rebusan bawang putih dapat menyembuhkan virus corona. Kabar ini mulai ramai dibagikan semenjak wabah virus corona baru (2019-nCoV) di China terus meluas membuat warga khawatir.
Berikut salah satu contoh unggahan tersebut di Facebook:
"Ini bawang puti yg besar ambil 8 biji, dikupas kulitnya ditaruh mangkok di tuang 7 gelas air mendidih selama 3 menit setelah itu di minum langsung 2 gelas ,ternyata pasien yg kena Virus Corona sembuh di hari kedua/setelah malam minum air bawang putih ini!!!!!"
Ahli vaksin dari OMNI Hospitals Pulomas, dr Dirga Sakti Rambe, SpPD, berkomentar informasi bawang putih menyembuhkan virus corona bisa dipastikan tidak benar alias hoax. Menurutnya hingga saat ini belum ada obat atau vaksin yang teruji bisa menghalau virus.
"Hoax lah itu pasti. Nggak pernah ada penelitian tentang itu," kata dr Dirga saat dihubungi detikcom pada Senin (27/1/2020).
"Bahwa mungkin bawang putih punya manfaat kesehatan, iya. Tapi tidak ada satu pun penelitian yang membuktikan bahwa bawang putih bisa membunuh virus corona," lanjutnya.
Hal senada juga diutarakan oleh spesialis paru dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur, dr Annisa Sutera Insani, SpP. Menurut dr Annisa memang sempat ada jurnal yang menyebut manfaat bawang putih untuk menghambat virus, namun masih perlu dibuktikan.
"Harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk hal itu," pungkas dr Annisa.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.