Jus Jeruk dengan Kulitnya, Bisa Tangkal Virus Corona ?


Rajanusantara - Pandemi Corona Covid-19 terus merebak. Penyebarannya pun sangat cepat bahkan sudah banyak korban meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit tersebut.

Lalu, bagaimana kita menyiapkan diri untuk menghadapinya? Banyak cara yang bisa dilakukan termasuk rutin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak sosial, berdiam diri di rumah, dan lain-lain. Menjaga kesehatan agar tidak mudah diserang oleh corona covid-19 tentu sangat penting.

Tim periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB telah melakukan penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi untuk melawan Corona Covid-19.

"Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin," kata Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara, Jumat (27/3/2020).

Hesperidin disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus. Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk.

"Selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih. Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya," ujar Irmanida.

Bagi yang kurang sanggup mengonsumsi rasa pahit, kata dia, bisa membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya. Beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga akan terkonsumsi oleh kita.


"Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon, dan varietas jeruk lainnya," dia menandaskan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.