Hiiii.. Viral, Motor Tua Jalan Sendiri saat Subuh

Motor melintas tanpa pengemudi

RAJANUSANTARA- Video berdurasi 10 detik tengah membuat geger di berbagai media sosial, sebab sepeda motor melaju mulus tanpa pengemudi. Video rekaman CCTV ini diunggah oleh akun facebook Aldo OT di grup BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas).
Awalnya, video hanya menampilkan halaman sebuah toko yang berdekatan dengan lapak bensin eceran. Suasana terlihat sepi, sebab kejadian terjadi pada Rabu (2/9/2020) pukul 04.56 pagi.

Lalu tiba-tiba muncul motor bebek Honda yang diduga C70 melaju tanpa pengendara. Motor itu bergerak mulus dan terlihat stabil meski melewati jalan yang tidak rata, seolah-olah memiliki fitur layaknya kendaraan otonom.

Hingga berita ini ditulis belum diketahui penyebab dan kebenaran dari video tersebut.

Ada yang berkomentar dengan nada gurauan bahwa motor bebek legendaris tersebut sudah dipasang teknologi seperti motor prototipe BMW R 1200 GR. Memang sebenarnya sudah ada prototipe BMW R 1200 GS yang sedang mengembangkan teknologi tersebut. Motor itu bisa menyalakan mesin sendiri, mengenali belokan, mengatur kecepatan dan rem.

motor BMW itu ditempel sensor otomatis seperti GPS, IMU (Inetrial Measurement Unit), Steering Torque Sensor, Roll Angle Sensor, dan Steering Actuator. Beberapa sensor lainnya yang membuat motor ini bisa melaju sendiri ialah active stand, kopling otomatis, beserta girboksnya. Semua itu dikontrol oleh komputer yang diletakkan di boks samping dan tengah.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.