RAJA NUSANTARA | BANDAR TOGEL TERPERCAYA | 3 Juta wanita india bentuk rantai manusia sepanjang 620KM demi keseteraan gender


Raja Nusantara - Jutaan perempuan di negara bagian Kerala, India, membentuk rantai manusia sepanjang 620km "untuk menyuarakan kesetaraan gender", menyusul perselisihan tentang akses perempuan ke kuil Hindu yang terkenal di sana.

Kuil Sabarimala secara historis tertutup bagi wanita "usia menstruasi" - antara 10 sampai 50 tahun.

Pengadilan tinggi India membatalkan larangan itu pada bulan September, tetapi para pengunjung perempuan tetap tak bisa masuk karena ribuan orang berunjuk rasa di kuil itu dan menghalangi mereka dengan berbagai cara.

Beberapa waktu lalu, sejumlah transgender bisa masuk kuil -karena dianggap bukan perempuan.
Unjuk rasa perempuan kali ini, disebut 'tembok perempuan,' digalang oleh pemerintah koalisi negara bagian itu yang berhaluan kiri.

Para pejabat mengatakan kepada wartawan BBC Hindi, Imran Qureshi bahwa sekitar lima juta perempuan dari berbagai pelosok Kerala berkumpul di semua jalan raya nasional untuk membentuk rantai hidup, yang membentang dari ujung utara Kasaragod ke ujung selatan di Thiruvanthapuram.

Para penyelenggara memperkirakan, perempuan yang turun membentuk rantai itu jumlahnya sekitar tiga juta orang.

Para pejabat mengatakan demonstrasi singkat itu digalang untuk memerangi ketidak-setaraan dan melawan upaya kelompok-kelompok sayap kanan yang hendak terus menerapkan larangan terhadap perempuan.

Demonstrasi di Kerala, Para penyelenggara memperkirakan, perempuan yang turun membentuk rantai itu jumlahnya sekitar tiga juta orang.
Seorang demonstran, Kavita Das, mengatakan kepada BBC Hindi, "Ini adalah cara yang bagus untuk mengatakan betapa kuatnya perempuan, dan bagaimana kita dapat memberdayakan diri kita sendiri dan saling membantu. Tentu saja, saya mendukung gerakan untuk memungkinkan perempuan dari segala usia masuk ke kuil. Mereka yang ingin berdoa harus memiliki hak untuk berdoa. Tradisi apa pun tak boleh menghambat perempuan."

Perempuan lain, Tanuja Bhattadri, mengatakan, "Sabarimala bukan masalah utama di sini hari ini. Saya percaya bahwa lelaki dan perempuan itu setara."

Mengapa jadi begitu politis?

Keputusan Mahkamah Agung untuk membolehkan perempuan berziarah dan berdoa di kuil Sabarimala diambil, setelah diajukannya petisi menyatakan bahwa kebiasaan yang melarang perempuan itu melanggar kesetaraan gender.

Tetapi partai nasional yang berkuasa di India, Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berhaluan nasionalis Hindu, berpendapat bahwa keputusan itu merupakan serangan terhadap nilai-nilai Hindu.

Sejumlah pengamat menuduh Perdana Menteri Narendra Modi menggunakan isu agama yang memecah belah, untuk mendapatkan suara dari basis dukungan mereka.

Hinduisme menganggap perempuan yang sedang haid tidak suci dan karenanya dilarang berpartisipasi dalam ritual keagamaan - tetapi sebagian besar kuil mengizinkan masuknya perempuan selama mereka tidak menstruasi, dan tidak menerapkan larangan secara luas pada perempuan.

'Dewa kuil itu adalah bujangan'

Para pengunjuk rasa berpendapat bahwa keputusan Mahkamah itu juga bertentangan dengan keinginan dewa penguasa kuil, Dewa Ayappa.

Mereka mengatakan bahwa larangan perempuan memasuki Sabarimala bukan hanya tentang menstruasi, namun juga untuk memenuhi keinginan Dewa Ayappa, yang diyakini telah menetapkan aturan yang jelas tentang ziarah di sana untuk memperoleh berkat sang dewa.

Sabarimala, Empat perempuan transgender beribadat di kuil Sabarimala dengan dijaga 20 anggota polisi, beberapa waktu lalu
Menurut mitologi kuil itu, Dewa Ayyappa adalah seorang bujangan yang diyakini telah berikrar untuk berselibat - dan karenanya menerapkan larangan itu.

Sejumlah perempuan mencoba memasuki kuil itu di tengah protes besar-besaran, dan banyak yang terpaksa kembali.

Dua perempuan berhasil mencapai tempat utama di kuil itu, Oktober lalu, dengan lebih dari 100 polisi melindungi mereka dari pengunjuk rasa yang melempari batu ketika mereka berjalan sejauh 5km ke kuil.

Mereka akhirnya dipaksa untuk kembali setelah terjadi bentrokan dengan para peziarah lain, hanya beberapa meter dari tempat suci Sabarimala.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.