Pelaku Pembakaran Ratusan Kios di Oksibil Papua Ditangkap!

Pelaku Pembakaran Ratusan Kios di Oksibil Papua Ditangkap!

Rajanusantara - Aparat gabungan Polri dan TNI berhasil menangkap terduga pelaku perusakan dan pembakaran kios-kios di Jalan Balusi, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Total, ada 4 terduga pelaku yang diamankan oleh aparat gabungan. Keempat pelaku berinisial YD (25), BM, KB (22) dan YD (23).

"Total saat ini, Polres Pegunungan Bintang telah mengamankan 4 orang pelaku perusakan dan pembakaran kios-kios di Jalan Balusu, yang terjadi pada Kamis (26/9)," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal seperti dikutip dari Antara, Minggu (29/9/2019) dinihari.

Kamal menjelaskan, penangkapan KB dan YD bermula dari informasi warga terkait keberadaan salah satu pelaku perusakan dan pembakaran yang berada di Apron Baru Bandara Udara Oksibil. Selanjutnya, anggota Polres Pegunungan Bintang di bawah pimpinan Kasat Reskrim Iptu Gondam Priyanggondani mendatangi TKP dan mengamankan pelaku berinisial KB (22) yang diduga sebagai pelaku perusakan dan pembakaran.

KB ditangkap pada Jumat (27/9) sekitar 16.45 WIT. Kemudian, sekitar pukul 17.00 WIT, anggota Polres Pegunungan Bintang kembali melakukan penangkapan terhadap terduga lainnya, YD. YD diduga beraksi sebagai provokator.

"Kemudian, anggota Polres Pegunungan Bintang mengamankan kedua pelaku ke Mapolres guna pemeriksaan lebih lanjut," tuturnya.

Kamal mengatakan, YD diduga juga merupakan salah satu anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang. YD, kata dia, juga telah mengaku bahwa dirinya merupakan provokator aksi perusakan dan pembakaran tersebut.

"Dia mengaku telah mengajak sejumlah pemuda untuk melakukan pembakaran sejumlah kios-kios di Jalan Balusu, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang," ujarnya.
Kamal pun mengimbau kepada semua pihak agar mempercayakan penanganan kasus dimaksud kepada pihak berwajib. Dia juga meminta seluruh masyarakat dapat bersama-sama menjaga situasi di Papua.

"Diimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi di Kabupaten Pegunungan Bintang agar tetap aman dan kondusif," ajak Kamal.

Seperti diketahui, pada Kamis (26/9) lalu, sekelompok warga membakar ruko dan permukiman di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Akibatnya, sekitar 200 kios terbakar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.