Apa Sih Peristiwa Penting dan Bersejarah Pernah Terjadi Pada 16 November ?

 


Rajanusantara Sederatan peristiwa penting dan bersejarah pernah terjadi pada 16 November dari tahun ke tahun. Sejumlah peristiwa tercatat dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia maupun dunia. 


merangkum beberapa peristiwa yang terjadi 16 November, mulai dari tercetusnya Hari Toleransi Internasional hingga penyakit SARS ditemukan pertama kali di Guangdong, Republik Rakyat Tiongkok. 


Berikut ulasan singkat sejumlah peristiwa yang terjadi pada 16 November:


1. Lahirnya Gubernur-Jendral Hindia Belanda John van Hoorn



Johan van Hoorn merupakan Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang ke-17 dan memerintah antara tahun 1704–1709. Ia lahir di Amsterdam, Republik Belanda, 16 November 1653 dan meninggal di Belanda pada 21 Februari 1711. 


2. Asteroid 301 Bavaria Ditemukan di Vienna



Tepat pada 16 November 1890, Johann Palisa menemukan Asteroid 301 Bavaria di Vienna. Asteroid 301 Bavaria adalah asteroid sabuk utama.


3. Paul Scholes Lahir



Paul Scholes lahir 16 November 1974. Ia  adalah mantan pemain sepak bola dari Inggris yang menghabiskan semua kariernya bermain untuk klub Manchester United.


Ia memulai karier debutnya pada musim 1994 - 1995 dan menjadi Pemain kunci ketika United memenangkan Treble Winners pada musim 1998-99.


Pada akhir musim 2010/2011, Paul Scholes resmi pensiun dari Manchester United. Setelah pensiun, Paul Scholes akan menjadi staf kepelatihan Manchester United, tetapi pada awal tahun 2012 Scholes kembali bermain untuk Manchester United sebelum ia pensiun lagi Pada Mei 2013.


4. Tercetusnya Hari Toleransi Internasional



Setiap 16 November, diperingati sebagai Hari Toleransi Internasional di seluruh dunia. Sejarah diperingatinya hari toleransi internasional ini bermula pada saat Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-50 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 16 November 1995. 


Di mana, saat itu negara-negara yang menjadi anggota UNESCO mengadopsi deklarasi prinsip-prinsip tentang toleransi yang berpendapat bahwa toleransi merupakan cara untuk menghindari ketidakpedulian dalam kehidupan bermasyarakat.


Karena hasil deklarasi tersebutlah, setiap tanggal 16 November 1966, tercetus untuk mengundang anggota PBB dalam penetapan Hari Toleransi Internasional.


5. Penyakit SARS Pertama Kali Ditemukan di Tiongkok



Sindrom Pernapasan Akut Berat (Severe Acute Respiratory Syndrome, SARS) adalah sebuah jenis penyakit pneumonia. SARS pertama kali muncul pada November 2002 di Provinsi Guangdong, Tiongkok.


SARS sekarang dipercayai disebabkan oleh virus SARS. Sekitar 10 persen dari penderita SARS dinyatakan meninggal dunia.


Setelah Tiongkok membungkam berita wabah SARS baik internal maupun internasional, SARS menyebar sangat cepat, mencapai negeri tetangga Hong Kong dan Vietnam pada akhir Februari 2003, kemudian ke negara lain dengan perantaraan wisatawan internasional.


Kasus terakhir dari epidemi ini terjadi pada Juni 2003. Dalam wabah itu, 8.069 kasus muncul yang menewaskan 775 orang. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.