Alasan Bill Gates 'Pensiun Dini' dari Microsoft

Bill Gates. Foto: Istimewa

Jakarta - Bill Gates tak pernah menyangka akan pensiun lebih awal dari Microsoft, tak sesuai dengan rencananya semula. Sejak mendirikan Microsoft pada tahun 1975 bersama Paul Allen, perusahaan sofware itu menjadi jalan hidupnya.

"Seandainya kalian bertanya padaku saat berumur 20-an tahun apakah aku akan pensiun lebih awal dari Microsoft, aku akan mengatakan kalian gila," tulis Gates di blognya belum lama ini.

Di waktu-waktu awal itu, dia terobsesi membangun bisnis. "Aku suka menjadi fanatik. Aku menyukainya. Aku tidak percaya soal weekend, soal liburan," katanya mengenai kerja kerasnya.
Tapi saat pertengahan umur 40-an tahun, perspektif Gates berubah, pandangannya lebih luas. Tahun 2000, ia bersama istri mendirikan yayasan Gates & Melinda Foundation dengan tujuan mengatasi kesenjangan dunia dan berbagai masalah kesehatan.

Semakin mereka terlibat di yayasan itu, semakin Gates menyadari keinginannya tidak lagi melulu di produk software. Ia keliling dunia dan mendapat pencerahan.

"Software waktu itu masih menjadi fokus dan aku selalu menganggapnya sebagai sesuatu yang paling membentuk diriku. Tapi aku merasa bergairah untuk lebih jauh di jalan baru ini," cetusnya.

Begitulah, pada tahun 2000, Gates pensiun dari posisi CEO, lalu dari posisi chairman pada tahun 2014. Ia pensiun satu dekade lebih awal dari yang ia rencanakan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.