Video Xanana Gusmao Cium Kening BJ Habibie, Begini Kisahnya

Kebersamaan Xanana Gusmao Cium Kening Saat Datang Menjenguk BJ Habibie Ini Bikin Haru

Rajanusantara  Sebuah video yang menampilkan hangatnya persahabatan antara BJ Habibie dengan mantan Perdana Menteri Timor Timur sekaligus mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao viral di media sosial.


Dalam video tersebut, BJ Habibie tampak terbaring di tempat tidur kamar rumah sakit dan dijenguk oleh Xanana Gusmao. Tak hanya berbincang, terlihat Xanana Gusmao memeluk tubuh BJ Habibie dan mengecup keningnya.

Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto menceritakan, peristiwa tersebut terjadi pada Agustus 2019. Saat itu Xanana tengan mengunjungi Habibie di rumah sakit. Awalnya, Xanana mengundang Habibie untuk menghadiri peringatan 20 tahun referendum Timor Leste pada 30 Agustus 2019. Namun, Habibie tak bisa hadir karena sakit.

"Xanana sendiri yang hadir ke Jakarta," kata Rubi di rumah duka, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Saat itu, kata Rubijanto, kduanya membahas tentang batalnya rencana Habibie untuk datang ke Timor Leste.

"Di mana di Timor Leste sudah disiapkan untuk acara-acara yang cukup berterima kasih dari Timor Leste karena beliau, bisa merdeka," ucap Rubijanto.

Habibie dan Xanana, kata Rubi, memiliki hubungan yang sangat dekat. Di mana keika BJ Habibie menjadi presiden dia memerintahkan agar semua tahanan politik dibebaskan. Xanana satu di antaranya.

"Dengan demikian Xanana sangat terima kasih karena beliau tidak tahu menahu, tapi dikeluarkan oleh Pak Habibie. Dengan demikian kita bayangkan betapa terharunya dengan kebijakan dan keputusan Pak Habibie," kata Rubijanto.

Kedekatan itu, kata Rubijanto, masih terjalin hingga akhir hayat Habibie.

Video Viral

Dalam video tersebut, BJ Habibie tampak terbaring di tempat tidur kamar rumah sakit dan dijenguk oleh Xanana Gusmao. Tak hanya berbincang, terlihat Xanana Gusmao memeluk tubuh BJ Habibie dan mengecup keningnya.

BJ Habibie pun membalas pelukan itu. Arsitek pesawat N-250 itu tampak merengkuh Xanana Gusmao dan membenamkan wajah Xanana di tubuhnya. Jika diamati, Xanana terlihat menangis dan BJ Habibie tampak seperti sedang menghibur Xanana Gusmao.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.